STIMULASI BERMAIN BERCERITA METODE FLANEL MENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH PENELITIAN QUASI EXPERIMENT DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN RSJ DR RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG
Abstract
Pendahuluan Komunikasi verbal merupakan kemamapuan yang harus dikuasai anak usia prasekolah agar dapat membangun interaksi yang baik dengan temannya di sekolah. Kenyataannya 40% anak usia prasekolah belum bisa berkomunikasi dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh stimulasi bermain bercerita metode flanel terhadap komunikasi verbal pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasinya adalah seluruh anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang yang mengalami keterlambatan berkomunikasi. Tehnik sampling dengan Non Randomise Sampling, jumlah sampel 32 responden, 16 anak sebagai kelompok perlakuan dan 16 anak sebagai kelompok kontrol. Variabel independen adalah stimulasi bermain bercerita metode flanel dan variabel dependen adalah kounikasi verbal. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan taraf signifikansi sebesar 95% (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan stimulasi bermain bercerita metode flanel berpengaruh terhadap peningkatan komunikasi verbal pada anak usia pra sekolah (p = 0,000). Simpulan Stimulasi bermain bercerita metode flanel dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan komunikasi verbal pada anak usia prasekolah. Saran Kegiatan bermain ini dapat dijadikan suatu acuan tindakan keperawatan anak, dalam menangani anak dengan masalah komunikasi verbal. Kata Kunci : Bermain metode flanel, komunikasi verbal, prasekolahReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahlan, S. (2009). Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta : Salemba Medika.
Dharma, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : CV Trans Info Media.
Hidayat, A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta : Salemba Medika.
Hidayat, A. (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : Salemba Medika.
Hurlock, Elizabeth B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. (2005). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 6. Jakarta : Erlangga.
Morrison, G. (2012). Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.
Mulyadi, Seto. (2005). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.
Muscari, Mary E. (2005). Panduan Belajar Keperawatan Pediatric. Jakarta : EGC.
Ngastiyah. (2005). Perawatn Anak Sakit. Jakarta : EGC.
nningham JM, Booth RA Jr. (2008). Practice With Children and Their Families: A Specialty of Clinical Social Work. Child Adolesc Social Work Journal, 25:347 – 365. Diakses 15 Februari 2015 (http://Springerlink.com/)
Nursalam. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Owens EB, Shaw DS. (2003). Predicting Growth Curves of Externalizing Behavior Across the Preschool Years. Journal Of Abnormal Child Psychology, Vol. 31, No. 6, pp. 575 – 590. Diakses 15 Februari 2015(http://Springerlink.com/)
Pillitteri, Adele. (1999). Child Health Nursing Care Of The Child And Family. Philadelphia : Lippincott.
Rasmun. (2004). Stress, Koping Dan Adaptasi. Jakarta : CV Sagung Seto.
Sachrain, Rosa M. (1996). Prinsip Keperawatan Pediatric Edisi 2. Jakarta : EGC.
Santos AJ, Vaughn BE, Bost Kelly K. (2008). Specifying Social Structures in Preschool Classrooms : Descriptive and Functional Distinctions Between Affiliative Subgroups. Acta Ethol, 11:101 -113. Diakses 15 Februari 2015 (http://Springerlink.com/)
Santrock JW. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Suherman. (2000). Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta : EGC
Supartini, Yupi. (2000). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC.
Supartini. (2004). Pertumbuhan dan Perkembangan Buah Hati. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.
Tomey & Alligood. (2002). Nursing Theorists Seventh Edition. Philadelphia : Mosby.
Whaley & Wong. (1995). Nursing Care Of Infant & Children Second Edition. St Louis : Mosby.
Wong, Donna L.(2004). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatric Edisi 4. Jakarta : EGC
Wong, Donna L.(2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatric Edisi 6. Jakarta : EGC
Yuliani, N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indeks.
Dahlan, S. (2009). Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta : Salemba Medika.
Dharma, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : CV Trans Info Media.
Hidayat, A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta : Salemba Medika.
Hidayat, A. (2006). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : Salemba Medika.
Hurlock, Elizabeth B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, Elizabeth B. (2005). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 6. Jakarta : Erlangga.
Morrison, G. (2012). Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.
Mulyadi, Seto. (2005). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.
Muscari, Mary E. (2005). Panduan Belajar Keperawatan Pediatric. Jakarta : EGC.
Ngastiyah. (2005). Perawatn Anak Sakit. Jakarta : EGC.
nningham JM, Booth RA Jr. (2008). Practice With Children and Their Families: A Specialty of Clinical Social Work. Child Adolesc Social Work Journal, 25:347 – 365. Diakses 15 Februari 2015 (http://Springerlink.com/)
Nursalam. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Owens EB, Shaw DS. (2003). Predicting Growth Curves of Externalizing Behavior Across the Preschool Years. Journal Of Abnormal Child Psychology, Vol. 31, No. 6, pp. 575 – 590. Diakses 15 Februari 2015(http://Springerlink.com/)
Pillitteri, Adele. (1999). Child Health Nursing Care Of The Child And Family. Philadelphia : Lippincott.
Rasmun. (2004). Stress, Koping Dan Adaptasi. Jakarta : CV Sagung Seto.
Sachrain, Rosa M. (1996). Prinsip Keperawatan Pediatric Edisi 2. Jakarta : EGC.
Santos AJ, Vaughn BE, Bost Kelly K. (2008). Specifying Social Structures in Preschool Classrooms : Descriptive and Functional Distinctions Between Affiliative Subgroups. Acta Ethol, 11:101 -113. Diakses 15 Februari 2015 (http://Springerlink.com/)
Santrock JW. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Suherman. (2000). Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta : EGC
Supartini, Yupi. (2000). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC.
Supartini. (2004). Pertumbuhan dan Perkembangan Buah Hati. Jakarta : PT Alex Media Komputindo.
Tomey & Alligood. (2002). Nursing Theorists Seventh Edition. Philadelphia : Mosby.
Whaley & Wong. (1995). Nursing Care Of Infant & Children Second Edition. St Louis : Mosby.
Wong, Donna L.(2004). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatric Edisi 4. Jakarta : EGC
Wong, Donna L.(2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatric Edisi 6. Jakarta : EGC
Yuliani, N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indeks.
Published
2019-01-30
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.