Pengaruh terapi bermain flashcard terhadap perkembangan anak usia pra sekolah

  • Kadek Desi Susanti STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Hindyah Ike Suhariati STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Arif Wijaya STIKES Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Perkembangan pada anak sering kali kurang di perhatikan oleh orang tua dan lebih fokus terhadap pertumbuhan serta  menganggap perkembangan akan berlangsung secara ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terapi bermain flashcard terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo. Desain penelitian  ini pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test disign. Populasinya semua anak yang mengalami gangguan perkembangan di TK Bina Insani sebanyak 36 responden. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampel 33 responden. Instrumen penelitian menggunakan SOP dan lembar DDST dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon tingkat kesalahan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan anak sebelum di berikan terapi bermain flashcard adalah normal (30,3%), suspect (51,5%), untestable (18,2%). Perkembangan anak sesudah diberikan terapi bermain flashcard adalah normal (45,5%), suspect (54,5%), untestable (0). Hasil uji statistik wilcoxon didapatkan p (0,001) lebih rendah dari α (0,05) atau (p<α), maka H1 diterima. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain flashcard terhadap perkembangan anak usia pra sekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang.

Author Biographies

Kadek Desi Susanti, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Hindyah Ike Suhariati, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Prodi S1 Ilmu Keperawatan
Arif Wijaya, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Prodi S1 Ilmu Keperawatan

References

Adhyaksa, Y.P. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Ape Lego (Balok) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah. STIKes Insan Cendekia Medika.

Adriana, Dini. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran, Yogyakarta, Diva Press, hh. 68.

Adriana, Dian. (2017). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak, Jakarta, Salemba Medika, hh. 24-27.

Arshad, Azar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafinda Persada, hh. 119.

Asthiningsih, N.W.W & Muflihatin, Siti, K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita dengan Metode DDST II. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. (2018). Data Tumbuh Kembang Blita Jombang : Dinkes.

Fadhilah, Anita. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Bercerita Metode Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Verbal pada Anak Pra Sekolah. STIKes Insan Cendekia Medika

Kristiana, Hervinda. (2016). Pengaruh Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa pad Anak Pra Sekolah (4-5 Tahun). STIKes Insan Cendekia Medika.

Maldaniah & Fitri, Evi. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal dengan Metode Flashcard pada Anak Usia 5-6 Tahun, Universitas Muhammadiyah Tanggerang.

Oktavianto, Eka. et al. (2018). Pelatihan Bermain pada Pengasuh Meningkatkan Kualitas Interaksi Pengasuh dan Anak, Universitas Indonesia.

Rahajeng, M.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Pemula pada Anak Kelompok A2 Melalui Bermain Kartu Bergambar. Universitas Negeri Jember.

Rapmauli, T. Dinar & Matulessy, Andik. (2015). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Anak Aurtis di Miracle Center, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Riskesdas. (2018). Data Literasi Numerasi (berbicara) Anak Pra Sekolah, Jakarta : Kementrian Kesehatan Indonesia.

Rofi’ah, Siti., Setiowati, Anisa & Indhayati, R.I. (2018). Media Bergambar Flashcard Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun, Vol. 1 No. 2, hh. 78-92. Magelang.

Sagita, Edo, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Bicara Menggunakan Media Flashcard Bagi Anak Autis Kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R.C., Suryana, Dadan & Pransiska, Rismareni. (2018). Keterlambatan Bicara Anak Usia 5 Tahun, Umniversitas Negeri Padang.

Soetjiningsih Cristina h. (2012) Perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Ed 1, Prenada Media Group, Jakarta

Subekti, T.A & Setiowati, Sri. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar pada Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun, Universitas Negeri Surabaya.

Sudiarto, L.D. (2007). Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia, hh. 77-79.

Sukaesi, Yati., & Halimah, Lely. (2015). Metode Bermain Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Taman Kanak-kanak.

Suryanto, K.K.E. (2017). English For Young Learners, Jakarta: Bumi Aksara

Tantiana, Elisabeth. (2017). Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini : Menumbuhkan Karakter Anak Sejak Usia Dini, STKIP Citra Bakti NTT.

Published
2021-04-18