Hubungan peran keluarga dengan depresi remaja belajar daring selama pandemi COVID-19

  • Hindyah Ike Suhariati STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
  • Anin Wijayanti ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

Abstract

Pandemi COVID-19 mengaharuskan semua anak – anak belajar secara daring. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Sebagian besar orang tua merasa khawatir untuk melepas anaknya melakukan pembelajaran di sekolah ataupun melakukan aktivitas lain di luar rumah, hal ini tentunya akan membuat remaja bosan dan bahkan sampai terjadi depresi. Berdasarkan data survei Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada bulan Juli 2020 di 34 provinsi menunjukkan presentasi anak perempuan  dengan gejala – gejala yang mengarah pada depresi lebih tinggi dibandingkan anak laki – laki.  Sebanyak 93% yang menunjukkan gejala depresi berada pada rentang 14 – 18 tahun, sementara 7 % di rentang usia 10 – 13 tahun. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan peran keluarga dengan depresi remaja belajar daring selama pandemi COVID-19 di Desa Sumberporong Kecamatan Lawang - Malang. Desain penelitian ini analitik cross sectional.  Populasinya semua remaja di Desa Sumberporong Kecamatan Lawang – Malang  berjumlah 66 remaja, sampelnya berjumlah 57 remaja dengan tehnik Simple Random Sampling. Variabelnya ada 2 variabel independent yaitu peran keluarga dan variabel dependent yaitu depresi remaja, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating dan uji statistik menggunakan rank spearman. Hasil penelitian ini didapatkan dari 57 responden, sebagian besar (59,6%) responden peran keluarga positif sejumlah 34, hampir setengah (47,4%) responden depresi remaja  ringan sejumlah 27 remaja. Uji rank spearman menunjukkan bahwa nilai p = 0,001 < a (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian adalah  ada hubungan peran keluarga dengan depresi remaja belajar daring selama pandemi COVID-19 di Desa Sumberporong Kecamatan Lawang - Malang.

Author Biography

Hindyah Ike Suhariati, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Prodi S1 Ilmu Keperawatan

References

Azizah, K. N. (2020, March 12). WHO Resmi Nyatakan Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi. Detikhealth. Retrieved from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4935355/who resmi-nyatakan-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi

Azmi, N. (2020). Pengaruh Pandemi Terhadap Kesehatan Mental Remaja, Apa Saja? Retrieved from https://hellosehat.com/coronavirus/covid19/dampak-pandemi-mental remaja/#gref

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175– 178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3

Courtney, D., et.al. (2020). COVID-19 Impacts on Child and Youth Anxiety and Depression: Challenges and Opportunities. The Canadian Journal of Psychiatry / La Revue Canadienne de Psychiatrie, 65(10), 688-691.

Fatimah, S., Mahmudah, U. (2020). How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114-124.

Hadi, B. S. (2007). Harmonisasi Peran Pelaku Pendidikan sebagai Upaya untuk Mengoptimalkan Fungsi Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 24(1), 141–164. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/8543/pdf

Indrawati, E., & Rahimi, S. (2019). Fungsi Keluarga dan Self Control terhadap Kenakalan Remaja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(2), 86–93. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/443

Kamil, I. (2020, July 20). Anak dan Remaja Rentan Alami Gangguan Kesehatan Jiwa Saat Pandemi Covid-19. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/07/20/19011271/anak-dan-remaja-rentan-alami gangguan-kesehatan-jiwa-saat-pandemi-covid-19

Kristanto, Y. D. (2020). Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh (Makalah). Yogyakarta. Retrieved from http://people.usd.ac.id/~ydkristanto/index.php/2020/03/covid-19- merdeka-belajar-dan-pjj/

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) terhadap Psikologi dan Pendidikan serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39–49. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1035

Nursyaidah. (2014). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Forum Pedagogik, 70–79

Pamungkas, A. H., & Wahyudi, W. A. (2020). Covid-19, Family, and Information Literacy. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 83–91. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i1.395

Pantan, F., & Benyamin, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Prabawanti, M. A. H. (2020, June 28). Siapkan “New Normal”, Pemerintah Terus Fokus pada 3 Aspek Kebijakan. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/06/28/14535161/siapkan-new-normal-pemerintah terus-fokus-pada-3-aspek-kebijakan?page=all

Praherdhiono, Henry. 2020. Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang: CV. Seribu Bintang.

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think

Pratiwi, M. R., Mukaromah, M., & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orangtua pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 37– 57. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73

Pujilestari, Y. 2020. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.” Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan 4(1): 49–56.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 bagi Pendidikan di Indonesia (Artikel). Surakarta. Retrieved from https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di indonesia/

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Rosyanti, L., Hadi, I. (2020). Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien Covid-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan. HIJP : Health Information Jurnal Penelitian, 12(1), 107-130.

Santoso, A., et.al. (2020). Tingkat Depresi Mahasiswa Keperawatan di Tengah Wabah COVID 19. Journal of Holistic Nursing and Health Science, 3(1), 1-8.

Satriawan, Y. (2020, July 3). Tantangan Keluarga di Era Kelaziman Baru: Kembali Bekerja di Kantor vs. Anak Belajar di Rumah. VOA Indonesia. Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/tantangan-keluarga-di-era-kelaziman-baru-kembali-bekerja- di-kantor-vs-anak-belajar-di-rumah/5487243.html

Sofyan, I. (2019). Mindful Parenting: Strategi Membangun Pengasuhan Positif dalam Keluarga. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.241

Supriyadi., Setyorini, A. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang pencegahan Covid- 19 terhadap kecemasan pada masyarakat di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan, 12(4), 767-776.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Theffidy, S. G. A. (2020). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 di Tengah Covid-19. Retrieved from https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40- di-tengah-covid-19

Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional. (2020). Lindungi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja Saat Masa Pandemi COVID-19. Retrieved from https://covid19.go.id/p/berita/lindungi-kesehatan-jiwa-anak-dan-remaja-saat-masa-pandemi covid-19

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org//10.22219/jppg.v1i1.12462

WHO. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for the Public: Advocacy. Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for public/healthy-parenting

Published
2021-06-05