Text
Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran
Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan yang digunakan agar para siswa dapat memilih mata pelajaran yang diminatinya. Kurikulum Merdeka juga diketahui sebagai pembelajaran yang bersifat intrakurikuler. Yang mana konten akan dioptimalkan sehingga para siswa memiliki waktu yang cukup yang dipergunakan untuk memahami konsep dan menguatkan kemampuan. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat mengoptimalkan bakatnya dan dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bekerja untuk bangsa. Penerapan merdeka belajar sudah dimulai. Penerapan ini merupakan suatu tantangan bagi guru. Guru diharuskan untuk dapat berkembang dari segi kreativitas dalam menerapkan merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan merdeka belajar di SDN 1 Pisang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi merdeka belajar di SDN 1 Pisang telah memperlihatkan perkembangan yang baik dilihat dari minat dan bakat siswa, dan sedang berlangsung walaupun dalam penerapannya masih terdapat beberapa hambatan.
Kata Kunci: Merdeka Belajar, Minat Bakat
Tidak tersedia versi lain