CD-ROM
HUBUNGAN ANTARA PEER GROUPDENGANrnPENINGKATAN PRESTASI BELAJARrn(Studi di SMPN 1 Plandaan-Jombang)
Masa-masa remaja adalah masa yang mencari identitas diri dengan kelompok rnteman sebaya ( peer group), hal ini dapat perdampak positif bisa juga berdampak rnnegatif. Apabila berdampak positif dapat juga mempengaruhi prestasi belajar,rnkarena dalam kelompok teman sebaya bisa saling bertukar fikiran dan bisa rnmemecahkan masalah bersama dengan cepat.rnDesain penelitian ini adalah Analitik Crossectional. Dengan populasi Semua rnremaja peer group usia 12-15 tahun di Kelas 1 SMPN 1 Plandaan Jombang rnSejumlah 40 group yang di ambil dengan tehnik Proporsional Ramdom Samplingrnpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan pengolahan rndata editing, coding, skoring, tabulating.rnHasil penelitian ini adalah hampir seluruhnya 98,3 % mempunyaipeer grouprndan sebagian besar 62,5 % memiliki prestasi belajar baik. Setelah dilakukan uji rnmann whitney nilai ρ= 0,271 jika ρ>α dan H1ditolak, jadi tidak ada hubungan rnantara peer groupdengan peningkatan prestasi belajar.rnKesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara peer group rndengan peningkatan prestasi belajar. Jadi belum tentu belajar kelompok dapat rnmeningkatkan prestasi belajar, belajar sendiri juga bisa meningkatkan pretasi rnbelajar apa bila belajarnya dengan serius.rnKata Kunci : peer group, prestasi belajar
Tidak tersedia versi lain