CD-ROM
PERAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIANrnPERAWATAN ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PENDEKATANrnTEORI DOROTHEA OREMrn(Studi Di Sekolah Dasar Negeri Kepanjen 2 Kecamatan Jombang)
Peran orang tua dalam membimbing anak sangatlah penting dan akan berpengaruh dalamrnkesiapan anak dalam hal kemandirian. Kemandirian perawatan diri anak merupakan salah saturnkebutuhan dasar anak yang harus terpenuhi. Kebutuhan udara, air, makan, eliminasi, aktivitasrndan istirahat, interaksi sosial, pencegahan bahaya, peningkatan fungsi yang mampu terpenuhirnsecara mandiri oleh anak, akan meminimalkan timbulnya masalah pada anak usia sekolah.rnTujuan penelitian ini untuk mengetahui peran bimbingan orang tua terhadap kemandirianrnperawatan diri anak usia sekolah dengan pendekatan teori Dorothea Orem di Sekolah DasarrnNegeri Kepanjen 2 Kecamatan Jombang.rnMetode dalam penelitian ini menggunakan analisis cross sectional dengan populasi 72rnsiswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Kepanjen 2 Kecamatan Jombang dan sampel 62 siswarnmenggunakan simple random sampling. Variabel independen yaitu peran bimbingan orang tuarndan variabel dependen yaitu kemandirian perawatan diri anak. Pengumpulan data menggunakanrnkuesioner yang dibagikan kepada responden dan dianalisis dengan uji Rank Spearman.rnHasil penelitian menunjukkan peran bimbingan orang tua siswa di kelas 2 Sekolah DasarrnNegeri 2 Kecamatan Jombang dalam kategori baik yaitu 66,1%. Kemandirian perawatan dirirnanak usia sekolah kategori baik sebanyak 83,9%. Hasil uji Rank spearman diperoleh nilairnp=0,000 < 0,05 (alpha) maka Hrn1rnditerima.rnDapat disimpulkan ada hubungan peran bimbingan orang tua terhadap kemandirianrnperawatan diri anak usia sekolah dengan pendekatan teori Dorothea Orem di Sekolah DasarrnNegeri Kepanjen 2 Kecamatan Jombang.rnKata Kunci : bimbingan, orang tua, kemandirian, anak
Tidak tersedia versi lain