CD-ROM
PENGARUH METODE BIMBINGAN KLINIK: ”FIVE MINUTE PRECEPTOR”rnTERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PROFESI 2015rnDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH JOMBANG
Kepuasan pada mahasiswa dapat membantu mahasiswa mencapai suatu kompetensi yang rnpenting yang salah satunya adalah berfikir kritis, dimana dalam keperawatan meliputi rnmenunjukkan keingintahuan, pemikiran logis dan menerapkan pengatahuannya pada praktek rnklinis. Namun selama pembelajaran klinik, mahasiswa sering kali harus belajar keras untuk rnmemahami beberapa perbedaan antara teori yang menimbulkan keraguan dan kebingunganrnselama pembelajaran klinik. Penelitian ini menerapkan metode bimbingan klinik five minute rnpreceptor dengan menitikberatkan mikroskil mahasiswa untuk berfikir kritis yang akan rnmembandingkan antar tingkat kepuasan mahasiswa profesi. Metode penelitian ini rnmenggunakan Static Group Comparison Design, yang melibatkan dua kelompok penelitian. rnPenelitian ini melibatkan 10 mahasiswa pada setiap kelompok penelitian yang memenuhi rnkriteria insklusi dan eksklusi yang ditentukan peneliti, karena teknik sampling yang rndigunakan adalah purposive sampling. Tempat penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit rnUmum Daerah Jombang dari bulan April hingga Juli 2015. Hasil penelitian menunjukkan rnbahwa kelompok perlakuan memiliki rata-rata 106.6 dan standar deviasi 13.58 yang rncenderung lebih mendekati nilai ekspektasi maksimal. Sedangkan kelompok kontrol rnmemiliki rata-rata 85.7 dan standar deviasi 4.9 yang cenderung lebih mendekati nilai rnekspektasi maksimal. Nilai probalilitas (sig.) kelompok intervensi terhadap kelompok rnkontrol sebesar 0.000 yang lebih kecil dari alpha (α) sebesar 0.05 dengan angka korelasi rnsebesar 0.771. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh metode bimbingan rnklinik: five minute preceptor terhadap tingkat kepuasan mahasiswa profesi 2015 di Rumah rnSakit Umum Daerah Jombang.rnKata kunci: bimbingan klinik, five minute preceptor, kepuasan mahasiswa.
Tidak tersedia versi lain