CD-ROM
HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG VARIASI MENGAJAR DOSENrnDENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWArn(Studi di Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan CendekiarnMedika Jombang, Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur)
Tenaga pengajar yang mengajar secara monoton dan tidak menggunakan variasi maka akanrnmembosankan. Sehingga menyebabkan perhatian berkurang, mengantuk, dan akibatnya tujuanrnpembelajaran tidak tercapai. Dalam kegiatan proses belajar mengajar selain dosen harus menguasairnmata pelajaran yang akan diajarkan, penggunaan variasi mengajar yang efektif yaitu sesuai matarnpelajaran juga sangat diperlukan. Tenaga pengajar harus pandai menggunakan variasi denganrnmaksud menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan minat, ketekunan,rnantusiasme, penuh partisipasi dan keingintahuan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untukrnmengetahui hubungan persepsi tentang variasi mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa.rnDesain penelitian ini adalah Analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semuarnmahasiswa Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan Cendekia Medika Jombangrnsejumlah 43 responden. Teknik pengambilan sampling menggunakan Total Sampling. Variabelrnindependennya adalah persepsi tentang variasi mengajar dosen dan variabel dependennya adalahrnminat belajar mahasiswa. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring danrntabulating. Analisa data menggunakan analisis Univariate dan analisis Bivariate. Pengambilan datarnmenggunakan kuesioner.rnHasil penelitian persepsi tentang variasi mengajar dosen adalah persepsi positif sebanyak 19(44,2%)rndan persepsi negatif sebanyak 24 orang (55.8 %). Hasil minat belajar mahasiswa adalah minat tinggirnsebanyak 3 (7%), minat sedang 31 (72,1%), dan minat rendah 9 (20,9%). Hasil uji Spearman Rankrnadalah α= 0,05, didapatkan hasil bahwa ρ value = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. rnKesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan persepsi tentang variasi mengajar dosen denganrnminat belajar mahasiswa di Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan CendekiarnMedika Jombang.rnKata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Variasi Mengajar, Dosen, Minat Belajar.
Tidak tersedia versi lain