CD-ROM
RELATIONS THE USE OF MULTIMEDIA IN LEARNING EVALUATION WITH LEARNING rnEVALUATION RESULTS OF MIDWIFERY CARE COURSE I SEMESTERII IN ACADEMYrnMIDWIFERY rnAR RAHMA GEMPOL PASURUAN
Dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, maka fungsi media rnpembelajaran sangat penting untuk dimanfaatkan.pemakaian media dalam proses pembelajaran dimaksudkanrnuntuk meningkatkan daya cerna mahasiswa terhadap informasi atau materi pembelajaran yang diberikan. rnTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan multimedia dalam pembelajaran rndengan hasil evaluasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan I mahasiswa semester II. Rancangan penelitian rnyang digunakan adalah desain Analitik dengan menggunakan pendekatan Retrospektif. Jenis pengambilan rnsampel dari penelitian ini adalah Purpossive Sampling. Jumlah populasinya seluruh mahasiswa kebidanan di rnAkademi Ar Rahma Gempol Pasuruan tahun 2015 dengan jumlah 250 mahasiswa dan sampel yang diambil rnadalah mahasiswa semester II yang mendapatkan mata kuliah asuhan kebidanan I di Akademi Ar Rahma rnGempol Pasuruan tahun 2015 dengan jumlah 40 mahasiswa. Data diperoleh dengan cara observasi rnmenggunakan cheklist dan data sekunder dari BAAK. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari 40 responden, rnbahwa sebagian besar yang menggunakan multimedia berupa media teks dalam pembelajaran diketahui rnsebanyak 22 orang (55 %). Diketahui juga bahwa responden kebanyakan mempunyai hasil evaluasi belajarrncukup memuaskan (56-67) sebanyak 17 orang (42,5%). Dan Ada hubungan yang signifikan antara rnpenggunaan multimedia dalam pembelajaran dengan hasil evaluasi belajar mata kuliah asuhan kebidanan I. rnDari hasil analisa data secara statistik menggunakan uji korelasi Annova yang dilakukan dengan hasil P = rn0,001 α = 0,05 dengan n = 40 dikarenakan nilai P < α maka Ho ditolak Hrn1 diterima yang artinya ada rnhubungan penggunaan multimedia dalam pembelajaran dengan hasil evaluasi belajar mata kuliah asuhan rnkebidanan I. Berdasarkan hasil kesimpulan diatas bahwa semakin baik dan intensif penggunaan multimedia, rnmaka semakin baik pula hasil evaluasi belajar pada seluruh mata kuliah khususnya pada mata kuliah asuhan rnkebidanan I. rnKata kunci : Penggunaan Multimedia , Hasil Evaluasi Belaja
Tidak tersedia versi lain