CD-ROM
HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING rnAND LEARNINGDENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA rnPELAJARAN KONSEP DASAR KEPERAWATANrn(Studi Di SMK YADIKA PASURUAN)
Model Pembelajaran contextual teaching and learning adalah konsep mengajar dan belajar yang membantu rnguru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi nyata dan yang memotivasi siswa agar menghubungkan rnpengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Studi rnpendahuluan dengan melakukan wawancara pada 10 siswa didapatkan 7 siswa mengatakan tidak terlalu rnmenyukai dengan metode sedangkan 3 siswa lainnya mengatakan menyukai dengan metode ceramah. rnMasalah adalaha guru sering menggunakan proses belajar mengajar dengan metode konvensional sehingga rnhasil belajar siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan model rnpembelajaran contextual taeching and learning dengan hasil belajar siswa di SMK Yadika Pasuruan. Metode rnanalitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan tanggal 28 Juli 2015 di SMK rnYadika Pasuruan. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMK Yadika Pasuruan. Sampel yang digunakan rnadalah teknik total sampling. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran contextual teaching and rnlearning dan variabel terikatnya hasil belajar siswa. Alat ukur menggunakan wawancara dan hasil nilai kelas rnXI semester II. Analisa data menggunakan tabel distribusi silang dengan uji statistik Chi square. Hasilrnpenelitiannya untuk model pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran CTL sebagian besar baik rnsedangkan hasil belajar rata-rata sebagian besar mendapatkan nilai A (Baik sekali). Hasil uji statistik nilai rnp=0,03 < =0,05 menunjukkan H1 diterima artinya ada hubungan model pembelajaran contextual teaching rnand learning dengan hasil belajar siswa di SMK Yadika Pasuruan. Kesimpulannya adalah ada hubungan rnmodel pembelajaran contextual teaching and learning dengan hasil belajar siswa di SMK Yadika Pasuruan.rnKata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain