CD-ROM
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) UNTUK rnMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN SEMESTER IV rnPADA MATERI KOMPETENSI KEBIDANAN II EPISIOTOMIrn(Studi di STIKES ICME Jombang)
Masih banyaknya mahasiswa yang belum memahami dan menguasai materi, hal inirndikarenakan dosen hanya menerangkan kemudian mendemonstrasikan dan menyuruh rnmahasiswa maju mempraktekan tetapi tidak secara menyeluruh. Setelah melakukan studi rnpendahuluan pada tanggal 24 april 2015 di D-III kebidanan semester IV STIKES ICME rnJombang diperoleh hasil data 3 responden mengatakan sudah memahami dan mengerti materirnepisiotomi, 3 responden mengatakan sedikit mengerti materi episiotomi, dan 4 responden rnmengatakan tidak paham materi episiotomi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis rnpenerapan model pembelajaran Direct Instruction (DI) untuk meningkatkan hasil belajar rnmahasiswa D-III kebidanan semester IV pada materi kompetensi kebidanan II Episiotomi di rnSTIKES ICME Jombang.rnMetode penelitian menggunakan jenis penelitian Analitik dengan desain penelitian rnEksperimental-one group pre test-post test. Populasinya semua mahasiswa D-III kebidanan rnsemester IV kelas B di STIKES ICME Jombang sejumlah 37 orang. Dengan Sampling total rnsampling. Variabel bebasnya penerapan model pembelajaran Direct Instruction, variabel rnterikatnya adalah hasil belajar pada materi kompetensi kebidanan II episiotomi. Pengumpulan rndata menggunakan THB ( Tes Hasil Belajar atau soal ) dan checklist. Pengolahan data rnmenggunakan editing, coding, scoring, tabulating.rnHasil penelitian menunjukkan mahasiswa mengalami peningkatan ketrampilan sesudah rndilakukan penerapan model pembelajaran Direct Instruction.rnKesimpulkan penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Direct rnInstruction (DI) terhadap hasil belajar mahasiswa Kebidanan semester IV pada materi rnKompetensi Kebidanan II Episiotomi. Diharapkan Dosen Prodi D-III Kebidanan lebihrnmeningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang rnlebih apikatif terutama untuk mata kuliah yang membutuhkan ketrampilan motorik.rnKata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Direct Instruction (DI).
Tidak tersedia versi lain