CD-ROM
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS ( OUTDOORrnSTUDY) TERHADAP MOYIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATArnPELAJARAN IPS GEOGRAFI DI MTsN REJOSARIrnKABUPATEN MADIUNrn(Studi di MTsN Rejosari Kabupaten Madiun)
Di Indonesia sebagian besar 85% sistem pembelajarannya masih terbatas dinding tembokrndan harus duduk di kursi mendengarkan penjelasan dari guru, sedangkan 15% darirnsekolah yang berada di ibu kota sudah menerapkan sistem pembelajaran di luar kelas,rnkenyataannya belajar di luar kelas masih dianggap tabu oleh lembaga pendidikan dirnIndonesia. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dirnluar kelas (outdoor study) tehadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaranrnIPS Geografi.rnDesain penelitian menggunakan Simple Experiment - Post Test Only ControlrnGroup Design. Populasi semua siswa kelas VIII sejumlah 48 siswa. Teknik samplingrnmenggunkan Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan RPP dan kuesionerrndengan pengolahan data editing, coding, scoring, dan tabulating.dengan uji statistik Uji t.rnHasil penelitian motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPSrngeografi di kelas kontrol (A) sejumlah 24 siswa setelah dilakukan pembelajaran di dalamrnkelas motivasinya sedang yaitu sejumlah 16 siswa (66,5%). Sedangkan motivasi belajarrnsiswa yang ada di kelas eksperimen (B) setelah dilakukan pebelajaran motivasinya kuatrnsejumlah 13 siswa (54,1%). Uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi ρ = 0,001 < αrn(0,05), sehingga H0 ditolak, ada pengaruh strategi pembelajaran di luar kelas (outdoorrnstudy) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Geografi.rnPenelitian ini semoga bisa menjadi tambahan dalam menerapkan pembelajaranrnkhususnya strategi pembelajaran di luar kelas (outdoor study) guna meningkatkanrnmotivasi belajar anak didik.rnKata kunci : Strategi pembelajaran, Di luar kelas (outdor study), Motivasi belajar
Tidak tersedia versi lain