CD-ROM
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN rnMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V rn( Studi Di SDN Jombang 2 Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang )
Rendahnya semangat belajar siswa ini dipengaruhi oleh dukungan keluarga terutamarnorangtua yang tidak mendukung anaknya untuk rajin belajar sehingga mempengaruhirnmotivasi siswa dalam belajar di rumah maupun sekolah . Studi pendahuluan yangrndilakukan peneliti pada 11 Mei 2015 di SDN Jombang 2, dari hasil wawancara dengan 10 rnsiswa didapatkan 5 siswa mempunyai semangat belajar rendah, 3 siswa semangat belajar rnsedang dan 2 siswa dengan semangat belajar tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untukrnmengidentifikasi hubungan d ukungan k eluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VrnSDN Jombang 2. rnJenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. rnPopulasi penelitian ini sejumlah 40 siswa kelas V SDN Jombang 2 Kecamatan Jombang rnKabupaten Jombang, sampelnya adalah 36 siswa kelas V SDN Jombang 2 Kecamatan rnJombang Kabupaten Jombang. Pengambilan sampling menggunakan Simple Random rnSampling. Variabel independen d alam penelitian ini adalah dukungan keluarga. Variabelrndependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa . Instrumen penelitian inirnadalah kuesioner. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Spearman rnrho. Pengolahan data menggunakan Editing, Coding, Scoring, Tabulating .rnHasil penelitian di dapatkan bahwa dukungan keluarga responden mendukung sejumlahrn25 responden (69,4%), motivasi belajar responden bermotivasi sedang sejumlah 17rnresponden (47,2 %). Didapatkan bahwa nilai dengan ? -value sebesar 0,006. Nilairnpengujian dengan a = 0,05 sehingga ?
Tidak tersedia versi lain