Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD-ROM

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND rnLEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA rnKOMPETENSI KEBIDANAN III (PROSES LAKTASI DAN MENYUSUI)

Dewi Susiyana - Nama Orang;

Proses pembelajaran dengan cara menyimak penjelasan dari dosen kurang memberikan rndampak positif terhadap daya pikir mahasiswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan secara wawancara bulan rnApril 2015 pada 10 mahasiswa D3 Kebidanan didapatkan 5 mahasiswa (50%) mengatakan lebih aktif, rntermotivasi menggunakan diskusi jigsaw, 2 mahasiswa (20%) mengatakan kurang termotivasi menggunakan rndiskusi, 3 mahasiswa (30%) mengatakan lebih memahami dan termotivasi menggunakan penjelasan dengan rnkombinasi tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode pembelajaran Contextual rnTeaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar mahasiswa.rnDesain penelitian menggunakan eksperimental dengan pendekatan Pra-Eksperimental-one group pre-post rntest design. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa semester 4 sejumlah 112 mahasiswa. Sampel rnsejumlah 39 mahasiswa secara Purposive Sampling. Variabel independen adalah metode pembelajaran CTL. rnVariabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. rnPengolahan data menggunakan editing, scoring, coding, tabulating. Analisa data Univariate menggunakan rnp=f/n dan Bivariate menggunakan Wilcoxon.rnHasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada 39 responden didapatkan bahwa 20 responden (51,3%) rnbermotivasi kuat dan 19 responden (48,7%) bermotivasi sedang. Setelah diberi perlakuan menjadi 28 rnresponden (71,8%) bermotivasi kuat dan 11 responden (28,2%) bermotivasi sedang. Hasil uji statistik pada rnpenelitian ini didapatkan bahwa ( = 0,005 < α = 0,05), jadi H1 diterima.rnKesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap rnmotivasi belajar mahasiswa kompetensi kebidanan III.rnKata kunci: metode pembelajaran, CTL, motivasi belajar


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
142120004
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
618.2 Sus p
Penerbit
Jombang : STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
600
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
kebidanan
metode pembelajaran, CTL, motivasi belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?