CD-ROM
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND rnLEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA rnKOMPETENSI KEBIDANAN III (PROSES LAKTASI DAN MENYUSUI)
Proses pembelajaran dengan cara menyimak penjelasan dari dosen kurang memberikan rndampak positif terhadap daya pikir mahasiswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan secara wawancara bulan rnApril 2015 pada 10 mahasiswa D3 Kebidanan didapatkan 5 mahasiswa (50%) mengatakan lebih aktif, rntermotivasi menggunakan diskusi jigsaw, 2 mahasiswa (20%) mengatakan kurang termotivasi menggunakan rndiskusi, 3 mahasiswa (30%) mengatakan lebih memahami dan termotivasi menggunakan penjelasan dengan rnkombinasi tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode pembelajaran Contextual rnTeaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar mahasiswa.rnDesain penelitian menggunakan eksperimental dengan pendekatan Pra-Eksperimental-one group pre-post rntest design. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa semester 4 sejumlah 112 mahasiswa. Sampel rnsejumlah 39 mahasiswa secara Purposive Sampling. Variabel independen adalah metode pembelajaran CTL. rnVariabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. rnPengolahan data menggunakan editing, scoring, coding, tabulating. Analisa data Univariate menggunakan rnp=f/n dan Bivariate menggunakan Wilcoxon.rnHasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada 39 responden didapatkan bahwa 20 responden (51,3%) rnbermotivasi kuat dan 19 responden (48,7%) bermotivasi sedang. Setelah diberi perlakuan menjadi 28 rnresponden (71,8%) bermotivasi kuat dan 11 responden (28,2%) bermotivasi sedang. Hasil uji statistik pada rnpenelitian ini didapatkan bahwa ( = 0,005 < α = 0,05), jadi H1 diterima.rnKesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap rnmotivasi belajar mahasiswa kompetensi kebidanan III.rnKata kunci: metode pembelajaran, CTL, motivasi belajar
Tidak tersedia versi lain