CD-ROM
PERBEDAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X (Studi di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang)
Banyak siswa menganggap kimia merupakan ilmu yang sulit. Hal Ini membutuhkan peran guru dalam proses pembelajaran. Pada pelajaran kimia, metode yang digunakan oleh guru sebagian besar adalah ceramah, serta jarang digunakan metode lain, sehingga pembelajaran kimia kurang membuat siswa kreatif dan mengurangi motivasi siswa. Studi pendahuluan secara wawancara pada 10 siswa didapatkan 7 siswa tidak termotivasi mengikuti pelajaran kimia. 3 menyukai pelajaran kimia dan termotivasi mengikuti pelajaran kimia. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan metode ceramah dan diskusi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X di MAN 5 Jombang. Desain penelitian ini adalah pre experimen one group pretest-posttest design. Populasinya adalah siswa kelas X MAN 5 Jombang berjumlah 85 siswa. Besar sampel penelitian ini adalah 70 siswa, menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel independen adalah metode ceramah dan diskusi, variabel dependen adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, scoring, coding, tabulating. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum metode ceramah hampir setengahnya motivasi sedang (45,7%), dan sesudah metode ceramah hampir setengahnya motivasi sedang (45,7%). Uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai ρ value = 0,003 < α (0,05) sehingga H1 diterima. Motivasi belajar siswa sebelum metode diskusi hampir setengahnya motivasi sedang (34,3%), dan sesudah metode diskusi hampir setengahnya motivasi kuat (31,4%). Uji statistik wilcoxon bahwa nilai ρ value = 0,029 < α (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan metode ceramah pada mata pelajaran kimia. Dan ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi pada mata pelajaran kimia. rnKata kunci : Metode ceramah, Metode diskusi, dan Motivasi belajar
Tidak tersedia versi lain