Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD-ROM

PERBEDAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X (Studi di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 5 Jombang)

Rizka Anisa Fitri - Nama Orang;

Banyak siswa menganggap kimia merupakan ilmu yang sulit. Hal Ini membutuhkan peran guru dalam proses pembelajaran. Pada pelajaran kimia, metode yang digunakan oleh guru sebagian besar adalah ceramah, serta jarang digunakan metode lain, sehingga pembelajaran kimia kurang membuat siswa kreatif dan mengurangi motivasi siswa. Studi pendahuluan secara wawancara pada 10 siswa didapatkan 7 siswa tidak termotivasi mengikuti pelajaran kimia. 3 menyukai pelajaran kimia dan termotivasi mengikuti pelajaran kimia. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan metode ceramah dan diskusi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X di MAN 5 Jombang. Desain penelitian ini adalah pre experimen one group pretest-posttest design. Populasinya adalah siswa kelas X MAN 5 Jombang berjumlah 85 siswa. Besar sampel penelitian ini adalah 70 siswa, menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel independen adalah metode ceramah dan diskusi, variabel dependen adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, scoring, coding, tabulating. Hasil penelitian motivasi belajar siswa sebelum metode ceramah hampir setengahnya motivasi sedang (45,7%), dan sesudah metode ceramah hampir setengahnya motivasi sedang (45,7%). Uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai ρ value = 0,003 < α (0,05) sehingga H1 diterima. Motivasi belajar siswa sebelum metode diskusi hampir setengahnya motivasi sedang (34,3%), dan sesudah metode diskusi hampir setengahnya motivasi kuat (31,4%). Uji statistik wilcoxon bahwa nilai ρ value = 0,029 < α (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan metode ceramah pada mata pelajaran kimia. Dan ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi pada mata pelajaran kimia. rnKata kunci : Metode ceramah, Metode diskusi, dan Motivasi belajar


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
D4Keb03
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Jombang : STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
kebidanan
Motivasi Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?