CD-ROM
HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEMAMPUAN DOSEN DALAM MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER 3 (Studi di Prodi D3 Keperawatan STIKes ICMe Jombang)
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Motivasi belajar siswa yang tinggi dapat menunjang keberhasilan belajar. Kenyataanya tidak sedikit mahasiswa yang menilai dosen monoton dan kurang pengalaman menyebabkan mahasiswa tidak semangat belajar. studi pendahuluan yang dilakukan pada 10 mahasiswa 8 mahasiswa berpendapat bahwa dosen membosankan 2 mahasiswa berpendapat waktu perkuliahan yang pagi membuat mahasiswa kurang konsentrasi. Tujuan penelitian menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar terhadap motivasi belajar di prodi D3 Keperawatan STIKes ICMe Jombang Penelitian menggunakan rancangan cross sectional. Populasi semua mahasiswa semester 3 di prodi D3 Keperawatan STIKes ICMe Jombang sejumlah 44 responden, sampel semua mahasiswa semester 3 yang ada di prodi D3 Keperawatan STIKes ICMe Jombang sejumlah 44 responden, menggunakan teknik total sampling. Variabel independen adalah persepsi tentang kemampuan dosen, variabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Pengolahan data menggunakan editing, scoring, cauding dan tabulating. Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar positif yaitu sejumlah (43,2%) negatif yaitu sejumlah (56,8 %). Dan motivasi belajar mahasiswa kuat yaitu sejumlah (47,7%) motivasi belajar sedang yaitu sejumlah (52,3 %). hasil uji statistik spearman rank di dapatkan p = 0.000< α (0,05) artinya ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Kesimpulan penelitian ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar terhadap motivasi belajar mahasiswa semester 3. rnKata kunci : Persepsi, Kemampuan Dosen, Motivasi, Belajar
Tidak tersedia versi lain