CD-ROM
HUBUNGAN PENERAPAN STANDAR PELAYANANMINIMAL (SPM) : WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA ASPEK KENYAMANAN
HUBUNGAN PENERAPAN STANDAR PELAYANANMINIMAL (SPM) : WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA ASPEK KENYAMANANrn(Studi Di KlinikRawatJalan RSUD Sultan ImanuddinPangkalan Bun Kab.Kotawaringin Barat Prov. Kalimantan Tengah)rnrnDedi Pratama* Rahaju Ningtyas**Eko Sari Ajiningtyas***rnrnABSTRAKrnrnMenunggu dalam waktu lama menyebabkan ketidakpuasan terhadap pasien pada aspek kenyamanannya dengan mengetahui karakteristik responden yang meliputi tingkat jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tingkat pendidikan yang memanfaatkan pelayanan kesehatan di klinik rawat jalan RSUD Sultan Imanuddin pangkalan Bun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan penerapan SPM : Waktu tunggu dengan kepuasan pasien pada aspek kenyamanan di klinik rawat jalan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.Penelitian ini menggunakan descriptioncross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berobat di Klinik Rawat Jalan Rsud Sultan Imanuddin khususnya pada poliklinik anak, kandungan, bedah dan penyakit dalam yang berjumlah 96 responden. Tekhnik sampling yang digunakan adalah propotional quota random sampling, sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis chi square meliputi analisis univariat dan bivariat. Instrumen penelitian menggunakan chekslist dan kuesioner. Cekhlist di gunakan untuk variabel spm : waktu tunggu dan kuesioner di gunakan untuk variabel kepuasan pasien pada aspek kenyamanan. Hampir seluruhnya responden (pasien) menyatakan puas dengan waktu tunggu ≤60 menit sebanyak 48 orang (80%). Selain itu, didapatkan hasil chi square 0,004 menunjukan nilai p
Tidak tersedia versi lain