CD-ROM
PENGARUH LAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIENrn(Studi Di Ruang Rawat Inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun rnKab. Kota Waringin Barat Prop. Kalimantan Tengah)
PENGARUH LAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIENrn(Studi Di Ruang Rawat Inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun rnKab. Kota Waringin Barat Prop. Kalimantan Tengah)rnrnRio Agus Purnomo*Luluk Sulistiyono**Churaerie Latief***rnrnABSTRAKrnrnPelayanan keperawatan adalah suatu bentuk profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diberikan oleh perawat kepada pasien. Pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien menjadi indikator keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan telah sesusi dengan harapan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keeratan pengaruh layanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian description cross sectional dengan jumlah sampel 97 responden. Metode sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan jumlah 49. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji Spearman’s rho. Hasil uji menunjukkan bahwa hampir seluruhnya layanan pada kategori baik (87,8%) dan sebagian besar responden memiliki kepuasan dengan kategori sangat puas (69,4%). Dari uji Rank Spearman (rho) didapatkan koefisien korelasi dengan nilai p=0,000 dengan tingkat signifikan ρ =< 0,005. Kesimpulannya bahwa ada keeratan pengaruh yang signifikan antara pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang VIP.rnrnKata Kunci : Pelayanan Keperawatan, Tingkat Kepuasan, Rawat Inap rn
Tidak tersedia versi lain