CD-ROM
HUBUNGAN MINAT BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRESS SISWArn(Di SMP Katolik Wijana Kabupaten Jombang)
HUBUNGAN MINAT BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TINGKAT STRESS SISWArn(Di SMP Katolik Wijana Kabupaten Jombang)rnrnNanang Vatku Rohman* Endang Yuswatiningsih** Anna Kurnia***rnrnAbstrakrnrnProses pembelajaran yang melebihi daya aktual siswa akan menjadi beban dalam diri siswa tersebut, hal ini secara otomatis akan mempengaruhi kondisi psikologis dari individu tersebut. Sekarang ini siswa banyak dituntut untuk menguasai dalam semua bidang akademis, oleh karena itu biasanya siswa dibebani mengikuti bimbingan belajar. Waktu belajar yang lama dapat menjadi sumber stres akademis. Tujuan penelitian ini agalah untuk mengetahui hubungan minat bimbingan belajar dengan tingkat stress siswa di SMP Katolik Wijana Jombang. Desain penelitian ini adalah Analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Katolik Wijana Jombang dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Tehnik sampling menggunakan Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating, kemudian uji statistik menggunakan Rank Spearman. Hasil dari uji statistik Rank Spearmen diperoleh nilai signifikansi = 0, 079 (0,05) menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara minat bimbingan belajar dengan tingkat stress siswa di SMP Katolik Wijana Kabupaten Jombang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan minat bimbingan belajar dengan tingkat stress siswa di SMP Katolik Wijana Kabupaten Jombang. rnrnKata Kunci : Minat, bimbingan belajar, tingkat stressrnrn
Tidak tersedia versi lain