CD-ROM
PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI TK BINA INSANI rnCANDIMULYO JOMBANG
PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH DI TK BINA INSANI rnCANDIMULYO JOMBANGrnrnChollies Dharma Setiawan *, Hindyah Ike **, Agustina M ***rnrnABSTRAKrnrnGangguan pertumbuhan dan perkembangan merupakan masalah yang banyak dijumpai di masyarakat. Anak yang kurang kasih sayang dan kurang stimulus akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangannya teruama perkembangan motorikhalus serta kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain dengan angka prevalensi yaitu 3-11%. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang. Desain penelitian ini adalah one group pre test post test design. Populasinya Semua anak Pra Sekolah TK Bina Insani Candimulyo Jombang yang berjumlah 70 orang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampelnya sejumlah 60 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon. Hasil penelitian sebagian besar dari responden yaitu 44 orang perkembangan motorik halus anak prasekolah sesudah diberi terapi bermain puzzle adalah sesuai (73,3%). Uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000 < (0,05), sehingga H0 ditolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang. Diharapkan hasil penleitian dapat meningkatkan wawasan tentang perkembangan motorik halus anak prasekolah melalui petugas kesehatan dan media elektronik serta media massarnrnKata Kunci : bermain puzze, perkembangan, motorik halus rn
Tidak tersedia versi lain