CD-ROM
PENGARUH TERAPI BERMAIN PLAY DOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN)rnDi TK Pertiwi Tanggungan, Gudo – Jombang
PENGARUH TERAPI BERMAIN PLAY DOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN)rnDi TK Pertiwi Tanggungan, Gudo – JombangrnrnrnRisza Eka Agustina* Hindyah Ike** Baderi***rnrnABSTRAKrnrnKreativitas pada anak usia prasekolah sangat penting untuk dikembangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas pada anak prasekolah adalah dengan bermain menggunakan media play dough. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi bermain menggunakan play dough terhadap perkembangan kreativitas pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Pertiwi Tanggungan, Gudo - Jombang. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-post design dimana kreativitas akan diukur sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa TK Pertiwi Tanggungan, Gudo - Jombang yang berusia 3-6 tahun yaitu berjumlah 49 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa TK Pertiwi Tanggungan, Gudo - Jombang yang berusia 3-6 tahun yaitu berjumlah 44 siswa. Teknik analisa data menggunakan uji wilcoxon sign rank dengan nilai α = 0,05. Hasil penelitian didapatkan data perkembangan kreativitas sebelum dilakukan tindakan terapi bermain menggunakan play dough dalam kategori tinggi sebesar 18,2%. Sedangkan perkembangan kreativitas sesudah dilakukan tindakan dalam kategori tinggi sebesar 38,6%. Dari data ini dapat dilihat bahwa ada peningkatan perkembangan kreativitas pada kategori tinggi sebesar 20,4%. Hasil uji wilcoxon sign rank didapatkan nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari nilai alpha (0,05), maka H0 ditolak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara terapi bermain play dough terhadap perkembangan kreativitas anak usia prasekolah (3-6 tahun).rnrnKata kunci :Terapi Bermain (play dough), Perkembangan, Kreativitasrn
Tidak tersedia versi lain