CD-ROM
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRA SEKOLAH (4-5 Tahun) Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III KaliwunguKabupaten Jombang
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK PRA SEKOLAH (4-5 Tahun) Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III KaliwunguKabupaten JombangrnHervinda Kristiana*Asrina Pitayanti** Ucik Indrawati***rnABSTRAKrnBahasa merupakan alat penting bagi setiap orang karena melalui berbahasa seseorang atau anak akan dapat mengembangkan kemampuan bergaul dengan orang lain keterlambatan bicara dan bahasa menimbulkan hambatan pada anak untuk mengekspresikan emosi, pikiran, pendapat dan keinginannya. Hal ini dapat menimbulkan masalah perilaku, sosialisasi dan pelajaran membaca dan menulis. Tujuan : penelitian ini adalah menganalisis pengaruh media gambar terhadap perkembangan bahasa anak pra sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III Kaliwungu Jombang. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pra eksperimen one group pre test post test.Populasi penelitian ini adalah Semua anak Pra Sekolah Kelas A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III Kaliwungu Jombang yang berjumlah 29 orangTehnik sampling menggunakan simple random samplingdengan sampelnya sejumlah 27 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasidengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon. Hasil penelitian: menunjukkan sebagian besar dari responden yaitu 17 orang perkembangan bahasa anak pra sekolah sebelum diberi media gambar adalah kurang (63%), sebagian besar dari responden yaitu 20 orang perkembangan bahasa anak pra sekolah sesudah diberi media gambar adalah baik (74,1%). Uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000
Tidak tersedia versi lain