Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD-ROM

HUBUNGAN STRESSOR AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK SISWA

Ulfa Lestari Putri - Nama Orang;

HUBUNGAN STRESSOR AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK SISWArnrnUlfa Lestari Putri*H.Bambang Tutuko**Agustina Maunaturrohmah***rnrnABSTRAKrnrnStressor akademik merupakan stres yang bersumber dari proses belajar mengajar, keputusan menentukan penjurusan, karir, manajemen waktu, banyaknya tugas, dan kecemasan ujian. Banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya faktor stressor yang muncul dan prestasi belajar akademik. Stressor lingkungan fisik, psikologis dan beban belajar merupakan sumber stres sehingga siswa bisa jatuh ke dalam kondisi stress yang akan sangat mempengaruhi proses belajar, sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan stressor akademik dengan prestasi belajar akademik siswa di SMA Kosgoro Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 10 dan 11 di SMA Kosgoro Lamongan yang berusia 16 – 18 tahun ketika penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Proportional Simple Random Sampling.Variabel independen dalam penelitian ini adalah stressor akademik dan variabel dependen adalah prestasi belajar. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui stressor akademik yang diisi oleh responden dan data dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Data dari kuesioner kemudian di olah dan di analisa menggunakan uji statistik ”Spearmen Rho” dengan alpha 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir seluruh siswa di SMA Kosgoro Lamongan mengalami stressor akademik sedang sebanyak 35 orang (76,1%), dan diketahui hampir lebih dari setengah siswa memiliki prestasi belajar cukup sebanyak 29 orang (63,0%). Berdasarkan analisa hasil uji statistik melalui uji Spearman Rho didapatkan hasil nilai p=0,000


Ketersediaan
#
My Library 610.73 Put h
SKP.1114.16
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.33 Put h
Penerbit
Jombang : Stikes Icme., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
300
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Stressor akademik, prestasi belajar akademik, sisw
Info Detail Spesifik
SKRIPSI
Pernyataan Tanggungjawab
Ulfa Lestari Putri
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?