CD-ROM
HUBUNGAN STRESSOR AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK SISWA
HUBUNGAN STRESSOR AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK SISWArnrnUlfa Lestari Putri*H.Bambang Tutuko**Agustina Maunaturrohmah***rnrnABSTRAKrnrnStressor akademik merupakan stres yang bersumber dari proses belajar mengajar, keputusan menentukan penjurusan, karir, manajemen waktu, banyaknya tugas, dan kecemasan ujian. Banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya faktor stressor yang muncul dan prestasi belajar akademik. Stressor lingkungan fisik, psikologis dan beban belajar merupakan sumber stres sehingga siswa bisa jatuh ke dalam kondisi stress yang akan sangat mempengaruhi proses belajar, sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan stressor akademik dengan prestasi belajar akademik siswa di SMA Kosgoro Lamongan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 10 dan 11 di SMA Kosgoro Lamongan yang berusia 16 – 18 tahun ketika penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Proportional Simple Random Sampling.Variabel independen dalam penelitian ini adalah stressor akademik dan variabel dependen adalah prestasi belajar. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui stressor akademik yang diisi oleh responden dan data dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Data dari kuesioner kemudian di olah dan di analisa menggunakan uji statistik ”Spearmen Rho” dengan alpha 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir seluruh siswa di SMA Kosgoro Lamongan mengalami stressor akademik sedang sebanyak 35 orang (76,1%), dan diketahui hampir lebih dari setengah siswa memiliki prestasi belajar cukup sebanyak 29 orang (63,0%). Berdasarkan analisa hasil uji statistik melalui uji Spearman Rho didapatkan hasil nilai p=0,000
Tidak tersedia versi lain