CD-ROM
PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK DENGAN KEMAMPUAN MENGINGAT MATERI PEMBELAJARAN PADA ANAK SEKOLAH DASARrn(di SD Negeri Nglele Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang)
PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK DENGAN KEMAMPUAN MENGINGAT MATERI PEMBELAJARAN PADA ANAK SEKOLAH DASARrn(di SD Negeri Nglele Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang) rnrnCicik Yuwita Rahayu *, Inayatur Rosyidah **, Anita Rahmawati ***rnrnABSTRAKrnrnPendidikan merupakan salah satu lahan yang harus diolah dengan maksimal, Oleh karena itu pendidikan menjadi salah satu prioritas di negeri ini. Pendidikan juga sangat erat kaitannya dengan semua kalangan pelajar salah satunya pada anak sekolah dasar. Anak sekolah dasar (SD) pada dasarnya sangat menginginkan prestasi yang baik dan dapat membanggakan dirinya maupun orang tua. Maka sangat penting baginya untuk meningkatkan kemampuan mengingat materi yang telah disampaikan. Tetapi pada kenyataannya tidak semua anak dapat memperoleh prestasi yang baik. Hal tersebut dikarenakan kemampuan daya ingat anak berbeda.. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh terapi musik klasik dengan kemampuan mengingat materi pembelajaran pada siswa SD Negeri Nglele. Desain penelitian ini adalah True experimental design randomized pretest-posttest control group design. Populasinya semua siswa kelas 2 dan 3 di SD Negeri Nglele kecamatan Sumobito kabupaten Jombang yang berjumlah 24 siswa. Tehnik sampling menggunakan total dengan sampelnya sejumlah 24 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan t-test. Hasil penelitian dari 24 responden kemampuan mengingat materi pembelajaran pada kelompok perlakuan sebelum terapi musik klasik sebagian besar (66,7%), kemampuan mengingat materi pembelajaran pada kelompok kontrol sebelum terapi musik klasik hampir seluruhnya (83,3%) kemampuan mengingat materi pelajaran pada kelompok perlakuan adalah positif sejumlah 10 orang (83,3%) dan sebagian besar kemampuan mengingat pada kelompok kontrol adalah negatif sejumlah 8 orang (66,7%). Uji t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000 < (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi musik klasik dengan kemampuan mengingat materi pembelajaran pada anak sekolah dasar di SD Negeri Nglele kecamatan Sumobito kabupaten Jombang. Bisa mengaplikasikan tentang pengaruh terapi musik klasik dengan kemampuan mengingat materi pembelajaran.rnrnKata Kunci : Terapi musik, pembelajaran, anak SDrn
Tidak tersedia versi lain