CD-ROM
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KARAKTER DOSEN rnDENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA STUDI DI PRODI D4 rnBIDAN PENDIDIK STIKES ICME JOMBANG
Persepsi mahasiswa mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dimana rnpersepsi tersebut berasal dari ekstrinsik mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah rnmenganalisa pengaruh persepsi mahasiswa tentang karakter dosen dengan rnmotivasi belajar mahasiswa di prodi D4 bidan pendidik STIKes ICMe Jombang.rnJenis penelitian ini adalah analitik dengan variabel persepsi mahasiswa rntentang karakter dosen dengan motivasi belajar. Populasinya adalah seluruh rnmahasiswa semester 8 prodi D4 bidan pendidik STIKes ICMe Jombang sejumlah rn95 mahasiswa, teknik sampling menggunakan total sampling. Desain rnpenelitiannya menggunakan Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan rnkuesioner dengan pengolahan dataEditing, Coding, Scoring, danTabulatingdan rnanalisa data menggunakan uji Chi Square.rnDari hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa tentang karakter rndosen dengan motivasi belajar sebagian besar sebanyak 52 responden (54,7%) rnmemiliki persepsi negatif dengan motivasi sedang dan sebagian kecil sebanyak 18 rnresponden (18,9%) memiliki persepsi positif dengan motivasi belajar yang kuat. rnHasil analisa Uji Chi Square Asymp. Sig-nya 0,000 yang berarti lebih kecil dari rn0,05 atau nilai xrn2 rn= 19,063 lebih besar dari nilai tabel df 2= 5,99 maka Ho ditolak. rnKesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara rnpersepsi mahasiswa tentang karakter dosen dengan motivasi belajar mahasiswa di rnprodi D4 bidan pendidik STIKes ICMe Jombang. Diharapkan institusi pendidikan rnmemberikan peraturan, pelatihan-pelatihan dan workshop kepada dosen sehingga rndosen lebih aktif lagi dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan menciptakan rnpersepsi yang positif dari mahasiswarnKata kunci : Persepsi, Karakter dosen, Motivasi belajar
Tidak tersedia versi lain