CD-ROM
PENGARUH METODE PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI NON PROGRAM PENGEMBANGAN IMUNISASI (NON PPI)PADA BALITA USIA I-2 TAHUN(Di Desa Gambiran Kec. Mojoagung Kab. Jombang)
Imunisasi sudah terbukti manfaat dan efektivitasnya, tetapi masih banyak orang tua atau kelompok masyarakat yang masih menyangsikannya. Pemberian pendidikan kesehatan pada sasaran yang sama, tetapi waktu dan atau tempat yang berbeda dalam pelaksanaannya memerlukan metode yang berbeda. Jenis penelitian pra eksperimental dengan one-group pra-posttest design. Populasinya seluruh ibu yang mempunyai balita usia 1-2 tahun di Desa Gambiran Kec. Mojoagung Kab. Jombang sejumlah 74 responden, dan sampel yang diambil 62 responden dengan menggunakan simple random sampling. Variabel Independent adalah metode pendidikan kesehatan. Variabel Dependen adalah pengetahuan ibu tentang imunisasi Non Program Pengembangan Imunisasi (Non PPI) pada balita usia 1-2 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisa data yang dilakukan adalah editing, coding, scoring, dan tabulating serta menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pendidikan, pengetahuan cukup sebanyak 56 responden (90,32%) dan setelah diberikan pendidikan kesehatan hampir seluruhnya responden memiliki pengetahuan baik yaitu 51 responden (82,26%), uji statistik Wilcoxon didapatkan nilai ρ = 0,000< 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa H1diterima yang artinya ada pengaruh metode pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang imunisasi Non Program Pengembangan Imunisasi (Nonn PPI) pada balita usia 1-2 tahun.rnKata Kunci : Balita, Imunisasi, Imunisasi Non PPI, Pendidikan kesehatan, Pengetahuan.
Tidak tersedia versi lain