Text
PENGARUH STIMULASI BERMAIN ULAR TANGGA TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH (Studi di TK ABA 02 Mejayan Caruban, Kabupaten Madiun)
ABSTRAK Anak usia prasekolah tidak lepas dari dunia bermain, karena dengan adanya bermain dapat membentuk keterampilan anak. Aktivitas bermain anak, sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan lingkungannya. Rendahnya perilaku kesehatan yang sering terjadi pada anak usia prasekolah, berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan seperti perilaku cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh stimulasi bermain ular tangga terhadap perilaku cuci tangan pada anak prasekolah di TK ABA 02 Mejayan Caruban, Kabupaten Madiun.
Desain penelitian ini adalah one group pre test post test design, populasinya adalah semua siswa kelas A dan Kelas B di TK ABA 02 Mejayan berjumlah 55 siswa, sampelnya berjumlah 35 siswa dengan metode purposive sampling. Variabelnya ada 2 yaitu variabel independent yaitu stimulasi bermain ular tangga dan variabel dependent yaitu perilaku cuci tangan, pengumpulan data menggunakan SOP dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, dan tabulating, serta uji statistiknya menggunakan uji paired sample T-test.
Hasil penelitian perilaku cuci tangan pada anak prasekolah sebelum diberikan stimulasi bermain ular tangga sebagian besar dalam kategori kurang sejumlah 20 anak (57,1%), sesudah diberikan stimulasi bermain sebagian besar dalam kategori baik sejumlah 18 anak (51,4%). Uji paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,000 < α (0,005), sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima.
Kesimpulannya adalah ada pengaruh stimulasi bermain ular tangga terhadap perilaku cuci tangan pada anak prasekolah di TK ABA 02 Mejayan Caruban, Kabupaten Madiun.
Kata Kunci : Stimulasi Bermain Ular Tangga, Perilaku Cuci Tangan, dan Anak Prasekolah
Tidak tersedia versi lain