Text
PENGARUH BERMAIN PAPER TOYS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH TK BINA INSANI CANDIMULYO JOMBANG
Dimasa prasekolah anak mengalami perkembangan yang berbeda-beda dengan yang lain, dimasa seperti ini anak mengalami perubahan tinggi badan, berat badan, perkembangan motorik kasar dan perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh terapi bermain Paper toys terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang.
Desain penelitian ini adalah one group pre test post test design. Populasinya Semua anak Pra Sekolah TK Bina Insani Candimulyo Jombang yang berjumlah 60 orang. Tehnik sampling menggunakan simple random sampling dengan sampelnya sejumlah 52 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar DDST dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan wilcoxon.
Sebelum diberi terapi bermain paper toys adalah suspect sejumlah 30 anak (57,7%) dan sebagian besar perkembangan motorik halus anak prasekolah sesudah diberikan terapi bermain paper toys adalah normal sejumlah 36 anak (69,2%). Hasil uji statistik wilcoxon diperoleh angka signifikan atau nilai probabilitas (0,000) jauh lebih rendah standart signifikan dari 0,05 atau (p < a), maka data Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh terapi bermain paper toys terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain paper toys terhadap perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Bina Insani Candimulyo Jombang. Diharapkan hasil penleitian dapat meningkatkan wawasan tentang perkembangan motorik halus anak prasekolah melalui petugas kesehatan dan media elektronik serta media massa
Kata Kunci : bermain paper toys, perkembangan, motorik halus
Tidak tersedia versi lain