Text
KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA (Studi di puskesmas mojowarno jombang)
ABSTRAK
Ketidakpuasan pasien lansia dengan tempat fasilitas kesehatan yang sering dikunjungi oleh pasien lanjut usia adalah Puskesmas. Dari hasil survey penelitian di Puskesmas mengungkapkan bahwa pelayanan yang diterima tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan seperti habisnya stok obat, dokter yang datang terlambat dan tenaga kesehatan yang kurang ramah. Dengan fakta yang ada membuat pasien lanjut usia merasa tidak puas dan tidak ingin untuk kembali berobat ke fasilitas kesehatan salah satunya puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisah hubungan kualitas pelayanan puskesmas dengan kepuasan pasien lanjut usia di puskesmas mojowarno jombang.Desain penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua lansia yang berkunjung ke puskesmas mojowarno sebanyak 56 orang. Sampel diambil dengan teknik consecutive sampling dengan sampel 49 responden. Variabel independen kulitas pelayanan puskesmas dan variabel dependen kepuasan pasien lansia. Cara pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara . Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating dan uji statistik menggunakan Mann Whitney.Hasil penelitian menunjukkan pasien yang berkunjung ke Puskesmas Mojowarno dengan kualitas pelayanan yang diberikan petugas kesehatan adalah kurang sebanyak 30,6%, cukup sebanyak 20,4%, baik sebanyak 38,8%, sangat baik 10,2% dan kepuasaan terhadap pelayanan petugas kesehatan adalah tidak puas sebanyak 38,8% dan puas sebanyak 61,2%. Hasil analisa bivariate dengan uji Mann Whitney diperoleh p value sebesar 0,000 < 0,05.Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara kualitas pelayanan Puskesmas dengan kepuasaan pasien lanjut usia.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Kualiatas Pelayanan, Lanjut Usia
Tidak tersedia versi lain