Text
HUBUNGAN PERAN IBU DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH (Di TK Dharma Wanita Wonogriyo Kec. Tekung Kab. Lumajang)
ABSTRAK
Pendahuluan Perkembangan pada anak usia prasekolah bisa dikatakan sebagai golden year. Erat kaitannya dengan peran ibu dalam menstimulus setiap tahap perkembangan anaknya. Perkembangan anak pada usia tersebut harus selalu dipantau secara serius dari orang tua terutama ibu. Bila ada keterlambatan perkembangan pada anak tidak segera dilakukan pemeriksaan maka keterlambatan pada anak tersebut bisa menjadi sesuatu hal yang serius hingga anak tumbuh dewasa. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Wonogriyo Kec. Tekung Kab. Lumajang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey analitk dengan menggunakan pendekatan cross sectional, populasinya adalah ibu dan anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Wonogriyo sejumlah 70 orang dengan jumlah sampel 60 orang dengan menggunakan proporsional random sampling. Variabel independen adalah peran ibu dan variabel dependen perkembangan anak usia prasekolah. Alat ukur kueisioner dan observasi DDST dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating. Adapuan analisa data dengan menggunakan uji rank spearmen. Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir setengahnya peran ibu cukup sejumlah 25 orang (41,7%) dan peran ibu yang baik sejumlah 12 orang (20,0%) sedangkan peran ibu yang kurang sejumlah 22 orang (36,7%) terdapat peran ibu yang buruk 1 orang (1,7%). hampir seluruhnya perkembangan anak normal sejumlah 54 anak (90,0%), dan terdapat anak yang susspect sejumlah 5 orang (8,3%) pada 1 orang anak untestable (1,7%) dengan uji rank spearmen diperoleh nilai 0,004 < 0,005 artinya H0 ditolak H1 diterima. Kesimpulan ada hubungan peran ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Wonogriyo Kec. Tekung Kab. Lumajang.
Kata Kunci : Anak, Peran Ibu, Perkembangan
Tidak tersedia versi lain