Text
HUBUNGAN KEBUTUHAN ISTIRAHAT TIDUR DENGAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VII DAN VIII (Di MTs Darul Ulum Ranupakis Kec. Klakah Kab. Lumajang)
ABSTRAK
Pendahuluan Efektifitas belajar dengan kualitas yang rendah, mengakibatkan lemahnya kemampuan untuk melakukan kegiatan belajar, bermutu atau tidaknya suatu kegiatan belajar atau optimalnya hasil belajar sangat tergantung pada intensitas kemampuan siswa untuk melakukan konsentrasi belajar. Dengan kualitas tidur yang buruk menunjukkan keadaan mengantuk saat beraktivitas di siang hari, kurang antusias/perhatian, tidur sepanjang siang hari, kelelahan, depresi, mudah stress, penurunan kemampuan beraktivitas dan tentunya konsentrasi saat belajar terganggu. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kebutuhan istirahat tidur terhadap efektifitas belajar siswa kelas VII dan VIII di MTs Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, populasinya adalah siswa kelas VII dan VIII di MTs Darul Ulum Ranupakis Klakah Lumajang sejumlah 82 siswa dengan jumlah sampel 68 siswa dengan menggunakan proporsional random sampling. Alat ukur dengan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulasi.Variabel independen yaitu kebutuhan istirahat tidur dan variabel dependen adalah efektifitas belaja rsiswa.Analisa data menggunakanuji chi squaredengannilai alpha (0,05). Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan istirahat tidur yang terpenuhi (39,7%) dan tidak terpenuhi (60,3%) dan efektifitas belajar siswa kategori Sangat Baik (11,8%), Baik (17,6%), Cukup (29,4%), Kurang (26,5%), Buruk (14,7%) Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS peringkat nilai p (0,000)
Tidak tersedia versi lain