CD-ROM
HUBUNGAN RESPON TIME PERAWAT DENGAN COMPLAINT HANDLING (PENANGANAN KELUHAN) DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG DAHLIA RSUD JOMBANG
Pendahuluan: Respon time perawat dalam memberikan pertolongan untuk menyelamatkan nyawa/mencegah kecatatan seseorang memerlukan standar pelayanan yang cepat dan tepat. Fenomena saat ini banyak perawat yang kurang tanggap terhadap keluhan pasien, pasien dibiarkan menunggu terlalu lama untuk mendapatkan pertolongan. Tujuan penelitian: Tujuan penelitian mengetahui hubungan respon time perawat dengan complaint handling. Metode penelitian: Metode penelitian dengan cross sectional, populasi semua pasien di ruang Dahlia RSUD Jombang, dengan consecutive sampling didapatkan 45 responden. Variabel independen meliputi respon time perawat, variabel dependen meliputi complaint handling dalam pelayanan keperawatan. Instrumen penelitian variabel independen menggunakan lembar observasi dan variabel dependen menggunakan kuesioner. Analisa data dengan uji spearman rank. Hasil penelitian: Hasil penelitian didapatkan sebagian besar perawat memiliki respon time lambat 5-10 menit 15 orang (33,3%) dan complaint handling cukup 28 orang (62,2%). Hasil penelitian hampir setengahnhya 20 (44,4%) responden merasakan respon time perawat dengan complaint handling cukup. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara respon time perawat dengan complaint handling dalam pelayanan keperawatan. Respon time perawat dalam menangani pasien di ruang Dahlia RSUD Jombang rata-rata 5-10 menit. Kesimpulan: Complaint handling berhubungan dengan respon time perawat, karena jika pelayanan yang diberikan perawat cepat dan tepat maka tidak akan ada complaint dari pasien.
Kata kunci : Respon time, perawat, complaint handling, pelayanan keperawatan
Tidak tersedia versi lain