CD-ROM
Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Prasekolah
Usia prasekolah sangatlah penting untuk merangsang aspek-aspek perkembangan anak terutama perkembangan kognitif, karena dengan perkembangan kognitif anak bisa mengasah kecerdasannya mulai dari dini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh permainan flash card terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah.
Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Pengambilan data variabel independen yaitu permainan flash card dan variabel dependen yaitu perkembangan kognitif pada anak prasekolah menggunakan lembar observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa TK Desa Pacarpeluk sejumlah 108 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate simple random sampling dengan didapatkan sampel sebanyak 20 anak. Pengolahan data dengan editing, coding, skoring dan tabulating dianalisa dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan tingkat kesalahan α= 0.05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 responden sebelum dilakukan tindakan permainan flash card sebagian responden 8 anak (40%) perkembangan kognitif kurang, dan sesudah dilakukan tindakan permainan flash card sebagian responden 9 anak (45%) perkembangan kognitif baik. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,000 < α = 0,05 maka H1 diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh permainan flash card terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah.
Kata Kunci : Flash card, Perkembangan kognitif, Anak prasekolah.
Tidak tersedia versi lain