CD-ROM
Hubungan Aktivitas Full Day School dengan Perkembangan Anak
Perkembangan anak akan sulit untuk mencapai sesuai pada tahapannya, hal ini ditimbulkan oleh rasa malas akibat kelelahan dari aktivitas sekolah yang terjadwal dari pagi hingga menjelang sore hari yang menyebabkan kejenuhan pada anak. Program sekolah sepanjang hari (fullday school) adalah program pendidikan yang seluruh aktivitasnya berada di sekolah dari pagi sampai sore hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan aktivitas full day school dengan perkembangan anak di TK Permata hati Kabupaten Jombang. Desain penelitian kuantitatif korelasi analitik cross sectional. Populasi semua ibu dan anak pra sekolah berusia 4-6 tahun dari kelas A dan B di TK Permata hati Kabupaten Jombang dengan jumlah sampel sebagian populasi yang berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel total sampling. Instrument penelitian variabel aktivitas full day school menggunakan lembar kuesioner dan perkembangan anak menggunakan KPSP. Pengelolaan data editing, coding, skoring dan tabulating, analisa data dengan uji statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menujukkan dari 30 responden hampir seluruhnya melakukan aktivitas sedang sejumlah 24 responden (86,7%), aktivitas berat 4 responden (13,3%) dan hampir setengahnya dari responden mengalami perkembangan meragukan 14 responden (46,7%), perkembangan sesuai 13 responden (43,3%), perkembangan menyimpang 3 responden (10,0%). Nilai uji statistik didapatkan hasil p = 0,010 < 0,05 yang berarti H_1 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan aktivitas full day school dengan perkembangan anak.
Kata Kunci : aktivitas full day school, perkembangan
Tidak tersedia versi lain