CD-ROM
pengaruh brain gym terhadap perubahan tingkat stres pada remaja (usia 12-15 tahun) di SMPN 3 Jombang
Stres dilingkungan akademik merupakan pengalaman yang sering terjadi pada remaja yang bersumber dari proses belajar dan mengajar atau teman sebaya. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh Brain Gym terhadap perubahan tingkat stres pada remaja (usia 12-15 tahun) di SMPN 3 Jombang.Desain penelitian menggunakan Pra-Eksperiment dengan rancangan one group pre test post test design. Populasi seluruh siswa kelas VII A –VII I di SMPN 3 Jombang sebanyak 274 orang dan sampel sebagian siswa sebanyak 69 orang dengan tehnik propotional random sampling. Variabel independent Brain Gym dan variabel dependent perubahan tingkat stres pada remaja (usia 12-15 tahun). Dengan instrumen kuesioner DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scale) berupa pre test dan post test, pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan dianalisa menggunakan T-Test.Hasil penelitian yang dilakukan pada 69 responden didapatkan hasil sebelum dilakukan Brain Gym hampir sebagian responden mengalami stres sedang sebanyak 38 siswa (55,1%) setelah dilakukan Brain Gym hampir seluruh responden mengalami stres normal sebanyak 65 siswa (94,2%). Hasil uji statistik dengan T-Test diperoleh nilai p-value 0,00 < α 0,05 maka dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh Brain Gym terhadap perubahan tingkat stres pada remaja (usia 12-15 tahun) di SMPN 3 Jombang. Brain Gym dapat menurunkan tingkat stres pada remaja serta adanya dukungan sosial dari keluarga, selalu berfikir positif, meningkatkan hubungan interpersonal.
Kata kunci : Remaja, Brain Gym, tingkat stres
Tidak tersedia versi lain