CD-ROM
Hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP Sawunggaling Jombang kelas 2
Kecanduan game online dikalangan remaja menjadi salah satu permasalahan yang dialami remaja. Game online sudah menjadi fenomena pada saat ini. Perilaku agresif merupakan suatu tindakan yang dilakukan individu secara sengaja dengan tujuan menyakiti atau melukai individu baik secara fisik maupun verbal. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja di SMP Sawunggaling Jombang kelas 2.
Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh siswa kelas 2A dan 2B di SMP Sawunggaling Jombang sebanyak 50 siswa dan sampel sebagian siswa sebanyak 35 siswa dengan teknik purposive sampling. Variabel independen kecanduan game online menggunakan alat ukur kuesioner dan variabel dependen perilaku agresif pada remaja menggunakan alat ukur kuesioner. Pengolahan data editing, coding,scoring, dan tabulating, analisa data dengan uji statistik spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 responden sebagian besar memiliki tingkat kecanduan game online sedang sebanyak 18 siswa (51,4%) dan sebagian besar responden memiliki perilaku agresif sedang sebanyak 33 siswa (94,3%). Nilai p = 0,04< 0,05 yang berarti H1 diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif remaja.
Kata kunci :game online, perilaku agresi, remaja.
Tidak tersedia versi lain