CD-ROM
hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada siswa
Pendahuluan Penggunaan gadget saat ini sangat meningkat di kalangan dewasa, remaja bahkan anak usia sekolah. Penggunaan gadget yang salah serta frekuensi penggunaan gadget yang berlebihan, posisi yang tidak benar dan intensitas pencahayaan yang tidak baik, akan berdampak pada ketajaman penglihatan pada anak-anak. Tujuan penelitian menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada siswa. Metode penelitian ini dengan cross-sectional dengan metode : simple random sampling,populasi seluruh siswa kelas VII dan VIII di MTs Riyadlatul Fallah Jombang, sebanyak 73 responden. Variabel independen penggunaan gadget, variabel dependen ketajaman penglihatan pada siswa. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan observasi menggunakan snellen-chart. Analisa data dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden yang selalu menggunakan gadget sebanyak 26 responden (36%) mengalami perubahan ketajaman penglihatan rendah, dan responden yang tidak menggunakan gadget hanya sebanyak 4 responden (5%) yang mengalami perubahan ketajaman penglihatan rendah. Kesimpulan Hasil uji statistik menunjukkan p (0,000) > (0,05) ada hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada siswa. Responden mengalami perubahan ketajaman penglihatan. Ketajaman penglihatan responden adalah rendah. Ada hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada siswa.
Kata kunci : gadget, ketajaman penglihatan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain