CD-ROM
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KECERDASAN ANAK USIA SEKOLAH
Kecukupan gizi bagi anak sangat dibutuhkan, tidak hanya menyehatkan tetapi juga akan membantu meningkatkan kecerdasaan anak. Kekurangan gizi yang berat mengakibatkan ukuran lingkar kepala yang lebih kecil dan kemampuan kognitif yang lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kecerdasan anak di SDN Candimulyo 1 Kabupaten Jombang,
Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah status gizi dan dependen adalah kecerdasan anak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 1-5 di SDN Candimulyo 1 Kabupaten Jombang sebanyak 156 siswa dengan menggunakan teknik sampling Simple Random sampling didapatkan sampel sebanyak 39 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, yang hasilnya dianalisa dengan menggunakan uji Spearman rank’s dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05).
Hasil penelitian didapatkan bahwa status gizi anak hampir setengah responden kategori normal sebanyak 18 anak (46,2%),, kecerdasaan anak hampir setengah responden responden kategori Diatas normal sebanyak 14 anak (35,9%),. Berdasarkan uji statistik spearman rho didapatkan dengan nilai probabilitas (0,000) < taraf kesalahan (a : 0,05), maka H1 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada hubungan status gizi dengan kecerdasan anak di SDN Candimulyo 1 Kabupaten Jombang yang signifikan.
.
Kata Kunci : Status gizi, kecerdasaan dan anak SD
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain