CD-ROM
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG ICU RSUD DR. SAYIDIMAN MAGETAN
Mutu pelayanan keperawatan adalah pelayanan kepada pasien berdasarkan standar keahlian untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasien. Kepuasan pada hakikatnya berkaitan dengan factor kebutuhan sesorang (pelanggan), terdapat lima dimensi tangibe (buktifisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Dalam hal ini adalah mutu pelayanan pasien di Ruang ICU RSUD dr. Sayidiman Magetan dengan BOR di Ruang ICU RSUD dr. Sayidiman Magetan kurang dari standar, penelitian untuk menganalisis mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Ruang ICU RSUD dr. Sayidiman Magetan.Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Tekhnik untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling, berjumlah 37 responden.Penelitian menggunakan kuesioner, mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien.Analisis data menggunakan uji statistic Spearman Rank.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien, hasil analisa data dengan Uji Rank Spearman (r) = 0,826, ρ value = < 0,000, dengan taraf signifikasi (α) sebesar 0,01sehingga ρ < α, artinya Ho ditolak.Kesimpulan pada penelitian ini bahwa sebagian besar respon dan menyatakan puas atas mutu pelayanan keperawatan. Jadi kesimpulan akhir berdasarkan penelitian didapatkan bahwa adanya hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang ICU RSUD dr. Sayidiman Magetan. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di Ruang ICU RSUD dr. SayidimanMagetan.
Kata Kunci :Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pasien di Ruang ICU
Tidak tersedia versi lain