CD-ROM
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap V Rumah Sakit dr. Sayidiman Magetan)
ABSTRAK :Kepuasan seseorang (pasien atau pelanggan) berarti terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan dan diperoleh. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi terapeutik perawat.Komunikasi terapeutik adalah suatu pengalaman bersama antara perawat dengan pasien yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah pasien.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi semua pasien yang di rawat di ruang INSTALASI RAWAT INAP V Cara penarikan sampel dengan menggunakan teknik Concecutive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji Spearman dengan tingkat signifikan (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat menunjukkan bahwa terdapat 21 pasien (65.6%) menilai komunikasi terapeutik perawat baik, sedangkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat menunjukkan sebesar 22pasien (68.8%) memiliki tingkat kepuasan sedang. Berdasarkan perhitungan uji statistik dengan menggunakan uji Spearman didapatkan nilai p(P Value) = 0,003 yang berarti p< α dengan α = 0,05 artinya Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di INSTALASI RAWAT INAP V RUMAH SAKIT Dr. Sayidiman Magetan. Nilai korelasi Spearman (rho) pada penelitian ini sebesar nilai ρ (0,436) menunjukkan ada hubungan dengan arah korelasi positif. Berarti bahwa semakin baik pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan pasien.
Kata kunci :Komunikasi Terapeutik Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien
Tidak tersedia versi lain