CD-ROM
HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MINAT MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG HAYAM WURUK RSU dr. WAHIDIN SUDIRO HUSODO KOTA MOJOKERTO
Pelayanan kesehatan di lndonesia saat ini menuntut peningkatan mutu. Mutu pelayanan kesehatan sangat terkait dengan kepuasan. Konsumen yang puas akan jasa yang di terimanya akan cenderung menggunakan jasa pelayanan kesehatan dimasa yang akan datang. Tujuan Penelitan ini untuk mengidentifikasi hubungan kepuasan pasiendengan minat menggunakan jasa pelayanan kesehatan di RSU dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Desain penelitian adalah analytic correlation, dengan pendekatan cross sectional, Populasi semua pasien rawat inap diruang HayamWuruk RSU dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto sejumlah 684 pasien, sampel penelitian ini berjumlah 35 respon dengan menggunakan metode consecutive sampling. Variabel independen adalah kepuasan pasien dan variabel dependen adalah minat menggunakan jasa pelayanan kesehatan. Alat ukur yaitu kuesioner, pengolahan data mulai editing, coding, scoring dan tabulating. Analisis menggunakan uji Spearman Rho dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan pasien memiliki kepuasan tinggi sebanyak 19 responden (54%). Minat tinggi sejumlah 22 responden (62,9%), dan responden yang memiliki kepuasan tinggi hamper sebagian besar memiliki minat tinggi terhadap pelayanan kesehatan sebanyak 15 responden (42,9%), dan didapatkan nilai p 0,004 < α (0,05) maka H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan kepuasan pasien dengan minat menggunakan jasa pelayanan kesehatan.
Kata kunci : Kepuasan, Minat, Pelayanan Kesehatan
Tidak tersedia versi lain