CD-ROM
HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JKN (Studi Di Ruang Kertabhumi Rsu Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto)
Pendahuluan kepuasan pasien adalah indikator pertama dari rumah sakit dan ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah berdampak terhadap jumlah kunjungan di rumah sakit, sedangkan sikap perawat terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap peserta JKN di ruang rawat inap Kertabhumi Rsu Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto Desain penelitian adalah Cross Sectional. Waktu penelitian pada bulan Agustus 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap Kertabumi, sampel penelitian ini berjumlah 67 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini pelayanan keperawatan dan variabel terikat tingkat kepuasan. Teknik sampling yang digunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, editing, coding, scoring, tabulasi dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya responden mendapatkan pelayanan baik sejumlah 49 orang (73%) dan sebagian kecil responden mendapatkan pelayanan kurang baik sejumlah 18 orang (27%), hampir setengahnya responden puas sejumlah 29 orang (43,5%), hampir setengahnya responden cukup puas sejumlah 29 orang (43,5%) dan sebagian kecil responden tidak puas sejumlah 9 orang (13%) didapatkan hasil p 0,000 < α (0,05) sehingga H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap peserta JKN di ruang Kertabhumi RSU Dr.Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.
Kata kunci : pelayanan, keperawatan, kepuasan
Tidak tersedia versi lain