CD-ROM
HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN MINAT PEMANFAATAN KEMBALI JASA PELAYANAN KESEHATAN
Perilaku caring perawat merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang bagus dapat menarik minat pemanfaatan kembali jasa pelayanan kesehatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan minat pemanfaatan kembali jasa pelayanan kesehatan (Studi di ruang Kencono Wungu RSU Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto).
Desain penelitian ini adalah korelasional dengan metode cross sectional. Populasi penelitian sebesar 50 responden, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik simple random sampling dan didapatkan 45 responden. Pengumpulan data variabel bebas dan terikat mengguanakan kuisioner. Uji hipotesis dengan uji Spearman Rank dengan tingkat kealphaan α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh responden menyatakan perilaku caring perawat berkategori baik yaitu 34 respoden atau 75,56% dan hampir seluruh responden memiliki minat tinggi untuk pemanfaatan kembali jasa pelayanan kesehatan yaitu 39 responden atau 86,67%.
Nilai signifikan yang didapatkan dari uji korelasi Spearman Rank sebesar 0,000, sehingga kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan minat pemanfaatan kembali jasa pelayanan kesehatan (Studi di ruang Kencono Wungu RSU Wahidin Sudiro Husodo kota Mojokerto).
Saran bagi peneliti selanjutnya adalah meneliti biaya dengan minat pemanfaatan kembali jasa pelayanan kesehatan.
Kata Kunci : Perilaku caring, minat pemanfaatan, perawat
Tidak tersedia versi lain