CD-ROM
HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (Studi Di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Mojokerto)
Perilaku caringadalahperhatianperawatdengan sepenuhhatiterhadappasien.Kepedulian,empati, komunikasiyang lemahlembutdanrasa kasihsayang perawatterhadappasienakanmembentuk hubunganperawat–klienyang terapeutik.namun kenyataan dalam praktik masih banyak ditemukan perawat kurang beperilaku caring terhadappasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari.
Desain penelitian ini analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh pasien di IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari dengan jumlah pasien rata-rata 60 pasien per hari. Sampel diambil dengan teknik concecutive sampling sebanyak 52 responden. Variabel penelitian ini perilaku caring perawat sebagai variabel independen dan tingkat kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner untuk perilaku caring dan kepuasan pasien. Kemudian hasil diuji dengan uji contingensy coefficient.
Hasil uji contingensi coefficient diperoleh data ρ = 0,000 dan α = 0,05 maka ρ < α sehingga H0¬ diterima berarti ada hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang IGD RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari
Dengan menunjukkan perilaku caring, maka perawat dapat memberikan pengalaman yang baik untuk pasien. Semakin caring perilaku yang ditunjukkan oleh perawat dalam memberikan pelayanan maka akan semakin memberikan kepuasan pada pasien sehingga diharapkan pihak rumah sakit perlu memberikan tambahan pelatihan dan pembinaan kepada perawat untuk dapat meningkatkan dan mempertahankanperilaku caring yang baik melalui kerjasama dengan pihak terkait maupun secara mandiri.
Kata Kunci : Perilaku, Caring, Kepuasan
Tidak tersedia versi lain