Text
BERMAIN GADGET DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN (Di TK Bina Insani Jombang)
BERMAIN GADGET DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN
(Di TK Bina Insani Jombang)
Yeni Triastutik*Harnanik Nawangsari**Agustina Maunaturrohmah***
ABSTRAK
Pendahuluan Perkembangan gadget yang sangat pesat, memberikan dampak terhadap tingkat perkembangan anak karena anak yang sering bermain gadget akan mengalami keterlambatan pada tingkat perkembangannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun di TK Bina Insani Jombang. Metode Penelitian Desain penelitian cross sectional. Populasi 27 anak TK Bina Insani Jombang usia 4-6 tahun di Desa Candimulyo, Jombang. Sampel 27 responden dengan metode total sampling. Variabel independen yaitu bermain gadget dan variable dependen yaitu tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun. Diukur dengan kuesioner dan DDST anak. Teknik analisa data menggunakan uji spearman rho α=0,01. Hasil Penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain gadget jarang 19 responden (70,4%), dan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun terlambat 16 responden (40,7%). Hasil uji spearman rho α=0,05 didapatkan p = 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, artinya ada hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun. kesimpulanDiharapkan orang tua dapat membatasi anak dalam durasi bermain gadget dan mengawasi kegiatan yang dilakukan pada anak saat bermain gadget.
Kata kunci : gadget, tingkat perkembangan, anak
Tidak tersedia versi lain