CD-ROM
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN
ABSTRAK
Komunikasi antara petugas dengan klien adalah salah satu keluhan yang umum terjadi yang sering diungkapkan oleh klien yang di rawat di Rumah Sakit. Klien selalu merasa tidak puas dari kualitas dan kuantitas komunikasi. Di ruang rawat inap RS Wates Husada Balongpanggang, dalam pemberian Asuhan Keperawatan yang diberikan oleh perawat tidak selalu terapeutik ketika mereka berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RS Wates Husada Balongpanggang.Desain penelitian ini adalah diskripsi dengan menggunakan analisa cross sectional. Sampelnya berjumlah 35 responden yang di rawat di Rumah Sakit. Tekhnik pengambilan sampling menggunakan Conscecutive Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian di tabulasi silang dan dilakukan uji statistik menggunakan uji spearman rho p=0,05.Hasil penelitian pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat di ruang rawat inap RS Wates Husada Balongpanggang menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan komunikasi terapeutik adalah baik (60%). lebih dari separuh responden mengatakan sangat puas tentang komunikasi terapeutik perawat di ruang rawat inap RS Wates Husada Balongpanggang (57,1 %),sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepusan klien di ruang rawat inap RS Wates Husada Balongpanggang yaitu p=0,007.Hasil penelitian ini telah direkomendasikan kepada Rumah Sakit untuk dapat mkualitas dan kuantitas perawat. Perawat harus meningkatkan pengetahuan, sehingga mampu memahami bahwa komunikasi terapeutik yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan perawat sehingga akan menciptakan tanggung jawab untuk memberikan kepuasan kepada klien.
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Klien.
Tidak tersedia versi lain