CD-ROM
PEER GROUP SUPPORT DENGAN PERILAKU MEMILIH JAJANAN PADA ANAK USIA SEKOLAH (STUDI PADA ANAK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGORO JOMBANG)
Pendahuluan: perilaku anak usia sekolah cenderung belum bisa memilah dan memilih mana jajanan sehat dan tidak sehat. Saat anak disekolah, teman berperan penting dalam pemilihan jajanan. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada anak usia sekolah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang. Metode penelitian: analitik cross sectional. Populasi seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang sebanyak 69 siswa. Teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan sampel sebanyak 59 siswa dari kelas IV semangat dan giat. Instrument penelitian variabel peer group support dan perilaku memilih jajanan menggunakan lembar kuesioner. Pengelolaan data editing, coding, skoring, dan tabulating. Analisa data dengan uji statistik Chi Square. Pembahasan: menunjukkan dari 59 responden hampir seluruh responden mempunyai support positif sebanyak 47 (79,7%), support negatif sebanyak 12 (20,3%) dan hampir seluruh responden mempunyai perilaku positif sebanyak 45 (76,3%), perilaku negatif sebanyak 14 (23,7%). Hasil penelitian: p value = 0,017 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Kesimpulan: ada hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada anak usia sekolah. Diharapkan anak usia sekolah dapat mempertahankan perilaku sehat mereka dalam memilih jajanan.
Tidak tersedia versi lain