CD-ROM
MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (Studi di Puskesmas Kupang Mojokerto)
Kurangnya mutu palayanan keperawatan, perawat tidak melakukan standar pelayanan minimal yang di tetapkan, sehingga pasien merasakan pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan dan hasil pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien studi di Puskesmas Kupang Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional dengan populasi 219 pasien dan sampelnya berjumlah 44 pasien yang dilakukans ecara probability sampling dengan pendekatan simple random sampling.Pengolahan data dengan editing, coding, scoring, tabulating dan software SPSS versi 16.0 dengan uji statistik “Spearman Rank’s” dengan angka = 0,000< 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagian dari mutu pelayanan keperawatan adalah kategori kurang, menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden tingkat kepuasan pasien adalah kurang puas.Hasil uji statistic Spearman Rank’s ( = 0,000< 0,05) sehingga H1 diterima berarti ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien.
Dari hasil penelitian ini diharapkan perawat terus meningkatkan ketrampilan saat memeriksa dan melakukan tindakan terhadap pasien, agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Kata kunci : Mutu pelayanan keperawatan, Tingkat kepuasan pasien
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain