CD-ROM
MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA PERAWAT RAWAT INAP RSUD RA BASOENI MOJOKERTO
Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan berbentuk pelayanan bio,psiko,sosio dan spiritual. Perawat adalah ujung tombak baik tidaknya pelayanan kesehatan yang diberikan. Pelayanan yang baik tidak terlepas dari komitmen perawat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi kerja perawat dengan kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap RSUD RA Basoeni Mojokerto. Sampel yang digunakan sebanyak 34 orang dengan menggunakan total sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian kuesioner kemudian data ditabulasi dan disajikan dalam bentuk diagram pie.
Dari hasil penelitian didapatkan responden memiliki motivasi kerja tinggi sebanyak 18 orang (53%),motivasi kerja rendah sebanyak 16 orang (47 %). Sedangkan responden yang memiliki kepuasan kerja sebanyak 20 orang (58,8%), ketidakpuasan kerja sebanyak 14 orang (4,2%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja.
Peran utama perawat adalah memenuhi kebutuhan dasar manusia. Apabila perawat yang bekerja memiliki motivasi kerja yang tinggi nantinya akan memiliki kepuasan kerja yang tinggi juga. Jika kepuasan dalam bekerja tercapai maka akan tercapai mutu pelayanan keperawatan yang berkualitas dan akan tercipta lingkungan kerja yang nyaman bagi perawat serta lingkungan terapeutik bagi pasien.
Kata Kunci :Motivasi , Kepuasan kerja, Perawat
Tidak tersedia versi lain