Text
PENGARUH TERAPI BERMAIN APE LEGO (BALOK) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (Di TK Kartika Chandra Kirana Kodim 0814 Kabupaten Jombang)
ABSTRAK
Pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia pra sekolah sering kali terabaikan atau dilupakan oleh orangtua atau bahkan guru sendiri. Hal ini disebabkan karena mereka belum memahami bahwa pentingnyaaspek perkembangan kemampuan motorik kasar dalam kehidupan anak usiadini. Tujuan penelitian ini adalah Mengidentifikasi pengaruh pemberian terapi bermain Ape Lego (balok) terhadap perkembangan motorik kasar anak usia pra sekolah di TK Kartika Chandra Kirana Kodim 0814 Jombang.Desain penelitian Eksperimen One Group Pre-Post Test. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di TK Kartika Chandra Kirana Kodim Jombang 62 anak dengan jumlah sampel 53 anak, menggunakan teknik sampling purposive sampling.Variabel independen dalam penelitian ini adalah terapi bermain Ape Lego (balok) dan variable dependen adalah perkembangan motorik kasar anak usia pra sekolah. Instrumen penelitian menggunakan embar observasi DDST II, editing, scoring, coding, tabulating. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon 0,05. Hasil penelitian ini didapatkan dari setengah responden 25 anak (47,2%) di kategori abnormal, seluruhnya di kategori normal yaitu 52 anak (98,1%). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa signifikansi sebesar (p < α) 0.000 < 0.05, maka Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian terapi bermain Ape Lego (balok) terhadap perkembangan motorik kasar pada anak usia pra sekolah di TK Kartika Chandra Kirana Kodim 0814 Jombang. Terapi bermain Ape Lego (balok) mampu meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia pra sekolah.
Kata kunci: terapi bermain Ape Lego (balok), perkembangan motorik kasar, anak pra sekolah.
Tidak tersedia versi lain